Laman

Rabu, 25 Juni 2014

The Miraculous Journey of Edward Tulane: bacaannya Do Minjoon

Sudah sekian lama tidak menulis blog yang mungkin sudah penuh dengan sarang laba-laba ini haha*garing. yang mungkin tahun kemarin adalah tahun tersibuk gue selain kelas 6 di SD dan kelas 9 di SMP, ya kalian semua pasti tau gimana kelas 12 di SMA itu masa-masa dimana kalian semua bakal release everything lah pokoknya, dimana 12 tahun gue selelsai sekolah meennnnn, tapi mungkin bukan bagi gue yang insyaallah bakal mau sekolah yang lebih tinggi lagi amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin. Niatan mau ngedit nih blog mau cuma ga ada kreatifitas untuk mempercantik nih blog haha. 

source : google.com
ngak usah banyak ngemeng, gue mau review atau lebih tepatnya yaa cerita tentang buku yang gue beli dan gue baca sehabis nonton DO MINJOON tau dong pasti kalian alien ganteng dengan paket kekuatan telekinesis, teleport, dan time control dari drama yang lagi terkenal banget di akhir dan awal tahun 2013-2014 YOU WHO CAME FROM THE STARS/ MAN FROM THE STARS atau transletannya KAU YANG BERASAL DARI BINTANG (yang lagi heboh banget ver Indonesianya haha). YA buku THE MIRACULOUS JOURNEY OF EDWARD TULANE atau bahasa Indonesianya PERJALANAN AJAIB EDWARD TULANE buku yang beberapa kali muncul di episode drama korea terkenal tersebut. line buku yang dibacakan oleh do minjoon dan cheon songyi tersebut berhasil membuat gue penasaran akan novel itu. Inilah beberapa cuplikan dari bacaan yang di bacakan do minjoon dan cheon songyi di drama YWCFTS.

 (episode 5, he is reading on Sarah Ruth part :')

 (episode 8)

 (episode 8, ini favorite gue banget waktu cheon song yi baca nih buku terus dominjoonya nyautin gitu dalem hati soalnya mungkin udah hapal ni novel do manager nya haha)

 (episode 21)

Habis itu gue bertekad untuk mencari novel itu dan gue pun otw gramedia di Solo Square pada saat itu, gue ga berharap terlalu banyak saat itu karena gue takut belum release di Indonesia karena belum ada di terjemahkan, tapi gue bertekad walaupun novel itu hadir dalam B. Inggris oke ga apa apa, dan ternyata NOVEL itu ADA, ADA dipajang dan gampang banget tampa gue harus ngubek ngubek rak novel terjemahan maupun tanya ke mas dan mbak nya. Tanpa pikir panjang gue beli Novel itu dengan harga Rp. 60.000,-. 





Dahulu kala, di rumah Egypt Street, tinggalah kelinci porselen
bernama Edward Tulane. Kelinci itu sangat bangga pada dirinya sendiri,
dan memang beralasan: ia dimiliki anak perempuan bernama Abilene,
yang memperlakukannya dengan penuh kasih dan amat sangat 
menyayanginya.

Lalu, suatu hari, ia hilang.

maka dimulailah perjalanan luar biasa Edward Tulane:
dari dasar laut ke jala nelayan, dari puncak gunung sampah ke dekat
api unggun gelandangan, dari tempat tidur anak yang sakit keras
ke jalan-jalan kota Memphis. Dan selama perjalanannya itu,
ia jadi tahu-bahwa hati yang paling rapuh sekalipun
dapat belajar menyayangi, kehilangan, dan menyayangi lagi. 

gue pun membaca novel itu dan beranggapan "aaaaaaaaaaaa gue berasa dibacain Do Manager ya yampun" ohh delusi sialan!!! akibat nonton drama gini haha. Gue belum sadar waktu itu kalau ternyata novel itu adalah NOVEL ANAK-ANAK yang tertera dengan huruf kapital dibelakang buku di atas kode yang bergaris-garis. Sehabis itu gue berstatement bahwa "HAHAHA jadi Do Minjoon bacaanya buku anak-anak bergendre fairy tale gitu"

untuk novelnya sendiri adalah novel yang di tulis oleh Kate DiCamillo dan ilustrasi gambarnya yang ada didalam buku itu oleh Bagram Ibatoulline terbitan tahun 2006. ya bercerita tentang boneka kelinci bernama Edward Tulane (awalnya) yang terbuat dari porselen gitu dan majikannya terus dia berpetualang gitu dari majikan satu ke majikan lainnya dari tempat lain ke tempat lainnya nah disitu juga sikelinci itu belajar tentang cinta yaaaa ala ala toy story cuma ini mellow haha. 
Katanya dari yang gue baca gara-gara Do Minjoon buku ini jadi booming lagi dan kejual 30.000 copies gitu. Untuk cerita Novel itu gue kasih 3 bintang dari 5 bintang haha, ya ceritanya memang cerita dongeng dongen ala disney gitu tapi mengapa orang dewasa atau remaja suka novel ini mungkin penjelasannya menurut gue karena novel ini disuguhkan dengan kata-kata tentang cinta terus puitis yang bisa bikin hati gimana gitu dan ga terlalu anak-anak dan juga bisa dibilang mellow. 
 
Gue suka banget kata-kata di buku ini putis gimana gitu, apalagi kata-kata kutipan yang ditulis penulisnnya di halaman depan,

Hati hancur berkali-kali
dan tetap bertahan.
Kita harus melalui
kegelapan yang makin pekat
dan tidak gentar karenanya.

-dari "The Testing-Tree", oleh Stanley Kunitz
dan favorite gue waktu edward dibuang dari kereta api terus Edward si kelinci galau dan line ini juga di sebutin Do Minjoon di episode 8,

Berapa kali lagi, Edward bertanya-tanya dalam hati, aku akan pergi tanpa sempat berpamitan?
seekor jangkrik mulai bernyanyi
Edward mendengarkan.
Sesuatu jauh di dalam dirinya terasa sakit.
Ia ingin sekali bisa menangis.

Dan masih banyak banget kata-kata yang bikin hati berdesir, cielaaaah haha. Selain kata-katanya yang puitis Kate Dicamillo ini juga menggunakan ilustrasi yang dikerjakan oleh Bagram Ibatoulline yang emang keren banget dan pas banget karena ini novel anak-anak, mungkin kalian yang udah pernah nonton YWCFTS pasti tau waktu Cheon Songyi memilih baca novel itu karena ada gambarnya yang kelinci digantung.
tapi untuk ilustrasi favorite gue dari semua gambar adalah waktu Edward bernama Jangles dan dimiliki oleh anak laik-laki bernama Bryce.



nah ini si kelinci Edward Tulane
nah itu aja dari gue, semoga kalian semua suka dan maaf kalau ada salah kata. Untuk kalian yang mau buku ini coba cari di gramedia terdekat dikota anda, kalau ga ada jangan putus asa tanya dulu ke mba mas nya yang lagi jaga haha. bye. c:

2 komentar:

  1. kira2 skrg masi ada gak ya:(((

    BalasHapus
  2. Aku nyari2 buku ini sekarang tapi gak ada lagi���� padahal pengen banget baca����

    BalasHapus